Gelar PERJUSAMI, UPT SMA Datuk Ribandang Lahirkan Siswa Disiplin Ilmu

MAKASSAR, WARTAVISUAL.COM,- UPT SMA Datuk Ribandang menggelar perkemahan, Jumat-Minggu (PERJUSAMI) yang dimulai pada Jumat 23 Agustus hingga Ahad 25 Agustuss/2024. Kegiatan tersebut digelar di Jungle Camp Parangloe kabupaten Gowa selama 3 hari dengan tema Bangun Karakter kuat Gen Z dengan pendidikan Pramuka Berprestasi.

Adapun peserta dalam kegiatan ini berjumlah 24 orang yang terdiri dari beberapa kelas, kelas X sebanyak 12 orang, kelas XI sebanyak 6 orang dan Kelas XII 6 orang.

Asri S., S.S.Pd.,Gr saat dihubungi wartawan mengatakan perkemahan ini sudah dilaksanakan ke 3 kalinya selama Pramuka terbentuk, dimana tahun 2022dilaksanakan di sekolah dan tahun ke dua 2023 juga dilaksanakan di sekolah SMA Datuk Ribandang dan tahun 2024 di laksanakan di Jungle Camp Parangloe kabupaten Gowa.

“Iya perkemahan ini sudah dilaksanakan ke 3 kalinya selama Pramuka terbentuk, dimana tahun 2022dilaksanakan di sekolah dan tahun ke dua 2023 juga dilaksanakan di sekolah SMA Datuk Ribandang dan tahun 2024 di laksanakan di Jungle Camp Parangloe kabupaten Gowa, adapun kegiatan peserta selama di lokasi diantaranya: Penerimaan materi kepramukaan, PBB, kompas, Pionering, Sandi, upacara Api unggun dan Pentas Seni,” jelas Asri S. (Dr. Sitti Sakira S.Si., SE., M.Si selaku kepala sekolah dan KAMABIGUS berharap dari kegiatan ini pihak sekolah memiliki kekuatan dalam bidang kepramukaan sehingga siswa bisa mengaplikasikan dasa darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari terutama bunyi dasa darma yang pertama, yaitu Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Hal tersebut dipertegas Wakasek Kesiswaan Asri S.S.Pd.,Gr “ kita mesti bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kalimat ini di mana-mana ditemukan, baik di alinia pertama pancasila, itu berarti kita sebagai siswa SMA Datukribandang sangat perlu menanamkan kalimat-kalimat tauhid, sebagaimana fisi misi dari sekolah ini.”

Di tempat terpisa Iin Fatimah, S.Pd mengatakan, semoga dengan adanya perkemahan dapat membentuk karakter peserta didik serta sikap disiplin yang merupakan poin penting untuk diaplikasikan di lingkungan sekolah serta mandiri dan bertanggung jawab, bukan hanya diaplikasikan dilingkungan sekolah melainkan dilingkungan bermasyarakat.
“Dari sekarang kita harus membentuk karakter peserta didik serta sikap kedisiplinannya agar mereka memiliki bekal untuk bersosialisasi di masyarakat,” sambung M.Sainal Habib S.Pd.Gr).