Capaian “Best Brand Awareness” hibank Ditopang oleh Tata Kelola Perbankan Terbaik    

Dok.hibank

WARTAVISUAL.COM, JAKARTA,- PT Bank Hibank Indonesia (hibank), meraih penghargaan ganda dari dua lembaga terkemuka, The Iconomics dan Bank Indonesia. Penghargaan tersebut menjadi pengakuan atas citra positif dan kualitas terbaik dalam Tata Kelola Usaha yang Baik (GCG) di industri perbankan nasional.

Secara berurutan, The Iconomics memberikan penghargaan Best Brand Awarenesssementara Bank Indonesia memberikan penghargaan Bank dengan Kepatuhan Pelaporan Keuangan Terbaik kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI) 1 & 2, kepada hibank. 

Penghargaan Best Brand Awareness ini diberikan kepada brand perusahaan finansial dengan nilai awareness tertinggi di kelompok sub-industrinya. The Iconomics melakukan penilaian melalui survey yang melibatkan berbagai kelompok sub-industri, hal ini membuktikan keberhasilan hibank sebagai Bank Digital yang berfokus pada UMKM. hibank secara aktif meningkatkan kesadaran brand melalui kegiatan edukasi, literasi, dan promosi melalui beragam saluran media.

Jenny Wiriyanto, Direktur Utama PT Bank Hibank Indonesia, menyatakan komitmen hibank dalam memperkuat penetrasi pasar tanpa menyampingkan penerapan GCG di semua aspek proses bisnis dan terus meningkatkan strategi penguatan hubungan dengan masyarakat. Jenny mengungkapkan hal ini dalam keterangan pers, menyambut pencapaian dua penghargaan prestisius tersebut, pada Jumat (15/12/2023), di Jakarta.

 

“Langkah komunikasi yang pro-pasar dengan produk yang bersifat customer centric, kami lakukan di berbagai aspek sosial, komersial dan strategik. Sebagai bank digital yang baru melakukan rebranding dan masih dalam proses transformasi,  kami menggaungkan komitmen kami dalam memberdayakan ekosistem UMKM sebagai orkestrator UMKM di Indonesia. Sebagai contoh, akhir Oktober lalu di Jakarta Marathon 2023, hibank menjadi bagian pada kegiatan besar Jakarta Marathon 2023  sebagai langkah perkenalan kami kepada publik dan pada hari Pahlawan 10 November, hibank meluncurkan campaign #everydayhiro,” jelas Jenny.

 

“Campaign #everydayhiro menggambarkan niat untuk bersama-sama melahirkan banyak pahlawan ekonomi dengan fokus memajukan ekonomi kerakyatan bersama puluhan juta UMKM. Dengan peluncuran #everydayhiro, hibank berharap para pelaku UMKM ini dapat menjadi hiro bagi diri, keluarga, atau lingkungan sekitarnya” ujar Jenny.

 

 

Business Model hibank untuk UMKM Ditopang oleh Tata Kelola Usaha yang baik 

  

Penghargaan Best Brand Awareness diakui Jenny sebagai motivasi bagi hibank untuk terus meningkatkan posisinya sebagai bank digital unggulan UMKM. Saat ini, hibank merancang strategi penguatan melalui pengembangan model bisnis baru dalam pembiayaan UMKM dengan memanfaatkan ekosistem dari berbagai komunitas terpilih.

 

Selain mengembangkan model bisnis, hibank melalakukan penguatan dan penyempurnaan governance dan manajemen risiko untuk mendukung oeprasional bisnis sebagai bank digital. hibank berupaya menjalankan proses bisnis yang agile dan adaptif, namun tetap mengedepankan prinsip prudential banking.

 

Upaya tersebut dijalankan hibank secara paralel dengan perbaikan tata kelola dan manajemen risiko yang sesuai dengan prinsip GCG. Sebagai bank digital yang menarget UMKM secara masif, hibank meyakini penerapan GCG amatlah krusial. Dengan konsisten, hibank menerapkan tata kelola yang baik dan infrastruktur keamanan sistem yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang masif di masa depan.

 

Komitmen hibank akhirnya mendapatkan pengakuan positif di akhir tahun ini dengan sukses meraih penghargaan dari Bank Indonesia sebagai Bank dengan Kepatuhan Pelaporan Keuangan Terbaik KBMI 1 & 2, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023. Penghargaan ini menunjukkan bahwa upaya hibank dalam mematuhi standar ketat dan transparansi yang tinggi dalam pelaporan keuangan telah diakui dan dihargai para pemangku kepentingan utamanya.

Penghargaan yang prestisius ini juga menegaskan bahwa business model hibank yang khas telah berada dalam rel pertumbuhan yang sesuai. hibank berkomitmen untuk menjaga performa terbaiknya, baik dalam kinerja inti maupun dalam kualitas ekosistem layanan perbankan digital yang inovatif dan berkualitas bagi segmen pasar utamanya.

Selain berfokus pada komunikasi bisnis, hibank juga menjalankan kampanye edukasi untuk memperbaiki literasi dan inklusi perbankan di berbagai audiens. Di tahun ini, hibank menghadirkan kegiatan literasi keuangan di berbagai daerah seperti Surabaya, Lampung, dan Bandung. Melalui kegiatan ini, hibank aktif menyiapkan para pelaku UMKM dalam beradaptasi terhadap layanan keuangan  digital.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi semua  hibank hiro dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah, serta membangun hubungan yang kokoh dengan masyarakat. Kami akan terus berusaha menjaga komitmen kualitas layanan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik,. Semoga hibank akan selalu mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan industri perbankan dan UMKM Indonesia,” pungkas Jenny. (*)